: hello@soulution.id

Soulmate Illness

Hal Mendasar yang Perlu Diketahui dari ADHD

Soulmate, kamu pernah melihat atau menemui seseorang atau seringkali anak kecil yang bertingkah terlalu aktif (hiperaktif), tidak bisa diam meski sebentar? Kemungkinan orang tersebut mengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), meski harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Seseorang yang mengidap ADHD pasti mengalami masalah dengan kontrol diri terhadap perilaku impulsif, fokus atau konsentrasi terhadap sesuatu, dan pengorganisasian.

Dilansir dari Mayoclinic, Atention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah kelainan neurologis yang memengaruhi bagian otak yang membantu kita merencanakan, fokus, dan melaksanakan tugas/pekerjaan tertentu. Gejala ADHD bervariasi menurut jenisnya seperti lalai, hiperaktif, atau gabungan dari itu. Gangguan ini lebih sering dialami oleh laki-laki. Seringkali lebih sulit untuk didiagnosis pada anak perempuan dan orang dewasa.

Menurut beberapa hasil penelitian neurosains dan klinis, ADHD merupakan gangguan perkembangan dari sistem manajemen otak. Jadi, ADHD bukanlah sebuah gangguan perilaku, penyakit mental, maupun ketidakmampuan dalam pembelajaran yang spesifik. Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat mengidap gangguan ini.

Diperkirakan 8,4 persen anak-anak dan 2,5 persen orang dewasa menderita ADHD. Seringkali gangguan ini pertama kali diidentifikasi pada anak usia sekolah sebab hal itu menyebabkan gangguan di kelas atau masalah dengan tugas sekolah.

Gejala ADHD antara lain kurangnya perhatian (tidak bisa menjaga fokus), hiperaktif (gerakan berlebihan yang tidak sesuai dengan pengaturan) dan impulsif (tindakan tergesa-gesa yang terjadi pada saat tanpa berpikir). (end)