: hello@soulution.id

Soul Blog

Kenali Tipe Negative Thinking Kita

soulmate,  berpikir negatif adalah hal yang wajar namun, dapat mempengaruhi dasar perilaku kita dala hidup ini. Pikiran yang negatif tentu akan menghambat perkembangan diri kita. Maka, penting bagi kita untuk mengenali setiap bentuk negative thinking. Negative thinking seringkali muncul saat kita melakukan self-talk, jenis pemikiran negatif dan self-talk ini secara umum terbagi dalam empat kategori diantaranya :

  • Personalisasi itu seseorang menyalahkan diri sendiri atas segalanya atau semua yang terjadi pada diri seseorang.
  • Membesar-besarkan itu seseorang fokus pada aspek negatif dari suatu situasi, mengabaikan semua hal positif.
  • Menyesatkan itu seperti mengharapkan yang terburuk, dan kita jarang membiarkan logika atau alasan membujuk kita sebaliknya.
  • Polarisasi ialah kita melihat dunia dalam hitam dan putih, atau baik dan buruk. Tidak ada di antara dan tidak ada jalan tengah untuk memproses dan mengkategorikan peristiwa kehidupan.

Saat kita memiliki tipe pemikiran negatif seperti di atas dan mengenalinya, maka sudah sepatutnya kita harus berusaha mengubahnya menjadi pemikiran positif (positive thinking). Tugas ini membutuhkan latihan dan waktu, dan tidak mengalami perubahan dalam semalam. Namun, hal ini sangat mungkin dilakukan. Bahkan, dilansir oleh Healthline, sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa bahkan anak kecil dapat belajar mengoreksi self-talk  yang negatif. (nd)